Posted by : Unknown Sabtu, 31 Agustus 2013

          Haloo Sobat JS kali ini saya mau share tentang software animasi. Berhubung kemarin ada temen nih yg minta upload tentang animasi nih untuk pertama saya kasih dulu software basicnya, karena sebenernya masih banyak lagi software2 animasi contoh : 3DS MAX,Maya 3D,AfterEffect,dll. ya udah nih simak ulasannya.

            Apa sih Blender itu? Blender yang dimaksud disini bukanlah merupakan alat yang biasa digunakan untuk membuat jus, namun Blender disini merupakan sebuah aplikasi pengolah animasi 3D yang berbasis open source (FYISoftware berbasis open source dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi). Untuk tau lebih dalam mengenai ulasan atau review software Blender, kamu bisa kunjungi link ini dan ini. Dan untuk mendapatkan installer software Blender, bisa kamu download secara gratis diGet Blender.
            Jujur saja, saya sih masih pemula dalam penggunaan aplikasi ini. Saya lebih sering menggunakan aplikasi pengolah grafis 2D untuk keperluan perkuliahan dan pekerjaan saya. Saya sendiri mengetahui dan banyak belajar mengenai penggunaan software Blender dari blenderstar.com , blognya senior saya waktu SMA yang banyak membahas tentang tutorial Blender. Jadi tips atau tutorial Blender yang saya posting disini banyak dipengaruhi oleh tutorial dari blog senior saya dan dipengaruhi juga dari ilmu yang pernah diajarkan guru kursus singkat Blender saya, Pak Joko. Jadi tujuan saya membuat atau memposting tutorial maupun tips di blog ini supaya saya gak lupa akan cara penggunaan aplikasi Blender. Saya menggunakan Blender vesri 2.66a, berikut tampilan user interfacedari Blender 2.66a:
Welcome Screen Blender 2.66a
Welcome Screen Blender 2.66a
User Interface Blender 2.66a
User Interface Blender 2.66a
Dan berkut kita simak sedikit tips Blender:
  1. Bagaimana Menggeser Objek di Blender?
    ilustrasi pegreseran objek
    Ilustrasi pegreseran objek
    Untuk menggeser dan menyeleksi objek pada Blender, kamu bisa gunakan tombol klik kanan dan drag pada mosue, kemudian letakan objek di lokasi yang kamu tentukan.
  2. Kok cara menggeser atau menyeleksi objek pakai klik kanan? Saya kan biasa menyeleksi menggunakan klik kiri, nah solusinya bagaimana tuh?
    menu user preferences
    Menu user preferences
    Yah, solusinya kamu bisa arahkan mouse kamu pada menu file yang ada di menu bar  lalu pilih user preferences atau tekan tombol ctrl+alt+ u sebagai shortcut.
    Blender user preferences
    Blender user preferences
    Pilih bagian Input, kemudian pada bagian Select With, kamu bisa pilih left atau right yang dijadikan sebagai tombol seleksi objek.
  3.         Bagaimana cara menghapus objek di Blender?Mungkin jawabannya simpel, tinggal tekan tombol delete saja, nanti juga terhapus kok. Eit, tunggu dulu, coba deh kamu seleksi salah satu objek di Blender lalu kamu tekan tombol delete, apa yang terjadi? Yang terjadi adalah si objek tidak terhapus. Jadi Blender memiliki cara yang berbeda dari software kebanyakan dalam menghapus objeknya.
    ilustrasi penghapusan objek
    Ilustrasi penghapusan objek
    Lalu cara menghapusnya bagaimana? Kamu bisa menyeleksi terlebih dahulu objek mana yang akan dihapus, lalu tekan tombol X pada keyboard lalu akan muncul pilihan delete seperti gambar di atas, kemudian  tekan tombol enter dan objek akan terhapus.
         Ok, demikianlah tutorial software Blender Basic Sekali, semoga bermanfaat buat saya dan kalian semua para pengunjung khususnya. Kalau kamu mungkin mau sharing-sharing atau memperdalam lagi ilmu Blender, kamu bisa gabung di Forum Blender Indonesia (Blender Army).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Just Sharing - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -